Selasa, 10 November 2009

Biar Mio Kamu Bisa Tambah Kenceng Larinya Tapi Tetep Irit




Roller weight

Part ini posisinya ada di balik puli depan (primary sliding shave) jumlahnya ada 6 buah, berat yang standar adalah 10,6 gram, kalau pakai bobot yang lebih ringan dari standar, efeknya akselerasi di putaran bawah jadi lebih enteng, kalo pake yang lebih berat untuk mengejar top speed, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Di pasaran tersedia bobot 5-12 gram, untuk merek TDR harga satuannya sekitar Rp. 15.000.


Rumah roller (Primary sliding shave)

Part ini sebagai tempat roller, untuk optimalisasi bisa dengan cara menghaluskan alur roller dengan amplas lalu kemudian dipoles menggunakan autosol, sehingga alur menjadi licin. Efeknya roller lebih mudah terlempar, sehingga akselerasi menjadi ringan. Kalo mau lebih praktis bisa beli merek Kitaco. Dalam satu paket berisi puli sekalian 2 macam bobot roller(7,5 gr dan 10 gr).




V- Belt

Pakai belt dengan endurance yang tinggi dan tidak mudah slip atau mengendur. Sehingga bisa mengurangi power lost. Belt aftermarket yang beredar berkisar antara Rp. 80.000. hingga Rp. 250.000. Cara ini bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat 8-10%




Per CVT

Bisa diganti dengan yang tekanan pegasnya lebih keras, efeknya akselerasi menjadi lebih galak. Bisa juga dengan cara mengganjal per CVT standar, namun cara ini tidak direkomendasikan. Per CVT aftermarket di pasaran berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. !00.000, sedangkan model pengganjal harganya Rp. 70.000.


Kopling Sentrifugal dan teromol

Cara kerja kopling sentrifugal (KS) CVT, hampir sama dengan KS pada motor bebek, bedanya pada CVT KS tidak terendam oli/ kering. Cara kerjanya, pada putaran tertentu ketiga kampas kopling "terlempar" keluar. Kampas menempel pada teromol lalu kemudian berputar bersama-sama. Tinggi rendahnya RPM agar bisa melempar kampas (gaya sentrifugal) tergantung dari kekuatan pegas. Pada mio standar bekerja pada 3.000 rpm. Agar lebih responsif pakai pegas yang kekerasannya lebih rendah. Misal, pakai pegas sentrifugal CLD. Bekerja pada 1.500. rpm. Jadi pada rpm yang lebih rendah motor sudah bisa jalan. Harganya Rp. 60.000. Ada juga merek LHK yang lebih lengkap, terdiri dari pegas dan kampas yang bekerja pada rpm yang lebih rendah, juga teromol yang dindingnya beralur sehingga mengurangi slip pada kopling, namun harganya mahal, yaitu sekitar Rp. 660.000./set.

BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag I)

Pake mio emang nyaman, tinggal narik gas lgsung ngejos, ngga perlu nginjek perseneling atau narik kopling lagi. Cocok banget buat cewek, walaupun banyak juga cowok yang pake tapi banyak yang ngeluh kalo mio itu boros, ada juga yang bilang mio tenaganya kurang galak. Kalo mau mio kamu lebih irit tapi kenceng bisa coba trik yang satu ini:

Triknya adalah optimalisasi tiga bagian kendaraan, yaitu
mesin, pengapian dan tranmisi (CVT), juga aplikasi alat penghemat BBM. Saya sudah coba di mio saya, dan hasilnya, mantab! Motor makin kenceng, tapi irit.

Bagian I: Mesin
Targetnya adalah optimalisasi pasokan bahan bakar ke combustion chamber.


Porting-Polishing
Menghaluskan saluran masuk/ intake manifold dan saluran buang/ exhaust manifold (porting-polishing) sehingga aliran bahan bakar lebih lancar masuk ke ruang bakar, dan gas buang lebih cepat terbuang dari ruang bakar. Untuk saluran masuk jangan terlalu halus cukup dihilangkan bagian- bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar, karena tekstur pada intake manifold masih diperlukan untuk memecah bahan bakar yang masih berupa gumpalan agar tercampur dengan udara. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5%.


Klep & per klep
Klep perlu di skir agar tidak ada kebocoran kompresi, bila mau bisa diganti dengan klep racing, di pasaran ada merek
TK yang mempunyai desain gagang yang lebih optimal menyalurkan bahan bakar.
Per klep perlu diganti dengan per yang lebih keras, bisa menggunakan per klep racing merek CLD, harganya sekitar Rp. 120.000. sehingga buka- tutup klep lebih optimal, karena pada RPM tertentu klep masuk dan buang terbuka pada waktu yang hampir bersamaan ini mengakibatkan mesin ngempos, atau terjadi knocking. Ini bisa menaikan tenaga mio kamu sekitar 5% dan menghemat bahan bakar sekitar 5%.


Karburator
Karburator mio menggunakan system vacum, yaitu buka-tutup skep diatur oleh kevakuman pada intake manifold. Masalah yang sering terjadi adalah karet vakum lemah atau skep yang terbuat dari plastik tergores sehingga buka-tutup skep terganggu. Periksa bagian ini apabila terdapat gejala seperti di atas sebaiknya skep dan karet vakum diganti, sekalian juga ganti spuyer dan baut setelan, karena biasanya pada bagian ini komponen sudah tidak presisi lagi. Biar lengkap beli aja repair kit karburator untuk mio, harganya sekitar Rp.20.000.

BIKIN MIO IRIT DAN KENCENG (bag II)

Bagian II: Komponen Pengapian
Targetnya adalah bikin pengapian lebih besar dan stabil, sehingga pembakaran lebih sempurna

CDI
Agar pengapian lebih optimal dianjurkan mengganti CDI dengan type Racing. Type racing sudah menganut system unlimiter dan kurva pengapian yang lebih baik. Banyak merek yang bikin khusus untuk mio seperti XP, BRT, TDR, atau yang harganya lebih bersahabat beli aja merek Varro harganya sekitar Rp. 175.000. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 15%.

Koil
Ganti aja koil dengan koil yang kemampuannya lebih baik, contohnya merek Blue Thunder, komponen ini bisa meningkatkan percikan bunga api pada busi sehingga pembakaran lebih optimal. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 10-15% dan tenaga mio kamu naik hingga 10%.

Busi
Bisa menggunakan busi iridium, kelebihannya adalah bunga api lebih besar dan berwarna biru, material elektrodanya juga lebih kuat sehingga busi menjadi lebih awet, apalagi bila sudah menggunakan CDI dan koil racing, biasanya busi ngga tahan lama. komponen ini bisa bikin mio kamu lebih hemat bahan bakar sekitar 5% dan tenaga mio kamu naik hingga 10%.

Pasang Coil Booster
Bisa pasang merek AVS Motomax, meningkatkan pengapian dan lebih stabil. Harganya sekitar Rp. 180.000. bisa meningkatkan tenaga sekitar 5% dan bahan bakar lebih hemat 8-10%

Bagian IV: Aplikasi alat penghemat BBM

Agar lebih irit lagi bisa juga pasang alat penghemat BBM, yang sudah terbukti dapat menghemat BBM hingga 60%, alat yang bisa dipasang antara lain:


Magnet penghemat BBM

Bisa menggunakan produk Ring Diesel-Bensin Type R khusus untuk sepeda motor. Cara kerjanya adalah menyelaraskan ion-ion positif dan negative yang terkandung dalam bahan bakar, sehingga ion-ion tersebut tersusun rapi. Kalori bakar bahan bakar naik karena magnet akan memperbaiki kualitas bahan bakar. Pada produk ini juga menggunakan cairan Newton, alat ini akan bekerja lebih optimal apabila sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibeli dengan harga sekitar Rp. 175.000. alat ini bisa meningkatkan tenaga dan menghemat bahan bakar hingga 20%


Oksigen katalisator

Alat ini sebenarnya untuk mobil namun bisa juga dipasang di motor, berupa lempengan yang dipasang pada filter udara. Mereknya Jet Magic. Cara kerjanya adalah meningkatkan kandungan oksigen pada udara yang masuk ke karburator sehingga dapat mencapai air-fuel ratio yang ideal dan pembakaran menjadi lebih optimal. Bisa menghemat BBM sekitar 10%.


Hidrogen on Demand System

Alat ini bekerja dengan proses elektrolisis, yaitu menguraikan air (H2O) menjadi gas HHO atau sering juga disebut Brown Gas. Alat ini disebut electrolizer bisa juga disebut generator hydrogen. Alat ini menghasilkan hydrogen dengan cara mengalirkan arus listrik pada media air yang mengandung larutan elektrolit. Gas HHO yang dihasilkan akan dihisap ke ruang bakar melalui intake manifold sehingga bercampur dan berikatan dengan bahan bakar dan dapat meningkatkan daya ledak bahan bakar hingga 3,8 kali. Efek yang dihasilkan adalah tenaga lebih besar, bahan bakar lebih irit, mengurangi emisi gas buang karena hasil pembakaran hydrogen dan oksigen akan menghasilkan air (H2O) bukan karbondioksida (CO2), yang berbahaya bagi lingkungan. Untuk lebih lengkapnya nanti saya akan ulas pada bahasan tersendiri. Hasil uji coba pada mio saya, bisa meningkatkan tenaga hingga 20% dan menghemat BBM hingga...

44 komentar:

  1. klo mio pake karbu Satria FU masuk g kira²..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu Dia Aku Pun Pengen Pasang Bang... masuk Gk Yaa .Mohon BantuanNya Bang

      Hapus
    2. mioku pake karbu fu, cuma agak repot setel gasnya karena setelannya ada dibawah, filter juga harus diganti pake after market karena moncong karbu fu lebih besar diameternya dan juga mentok ke bagian belakang. intake manifol pake asli mio masih bisa masuk.

      Hapus
  2. mio aku pake kagulator rx king

    kira2 klo ganti seperti yang kmu tungjukan brp itu harga nya ???

    BalasHapus
  3. agar hasil nya memuaskan harus pake karbu apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bensin tetep irit sama kaya karbu asline apa ngak bang kalo pake karbu konvensional ukuran 24

      Hapus
  4. ikut nimbrung gan
    mio yg udah dimodif bisa untuk harian gak tq

    BalasHapus
  5. Kalo mio udah 58an klep sonic.. cocoknya pake karbu apa yaa.. maunya sih lebih irit.. kalo karbu satria gimana..!! Tolong d bantu yaa..

    BalasHapus
  6. gan kalau mio karbu thn 2006 enaknya pake roller yg berapa gram? terus rollernya diganti berapa biji? terus sama per cvt yg berapa rpm enaknya ya? tolong sarannya gan :) makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Mau mencapai top speed bisa gunain diatas 10,5G. untuk yg low bisa dibawah 10,5 ini dikhususkan akselerasi, sedangkan top speednya trbatas atau tidak max.

      Hapus
    2. Bang mio sy klo di pake gas poll kecepatan di atas 80 lalu berhenti kadang terdengar suara ledakan dri knalpot itu tanda nya apa bang?? Tolong di jawab

      Hapus
    3. Bang mio sy klo di pake gas poll kecepatan di atas 80 lalu berhenti kadang terdengar suara ledakan dri knalpot itu tanda nya apa bang?? Tolong di jawab

      Hapus
    4. Itu tandanya..mio abng pengen dganti ama yg baruuu

      Hapus
  7. nih aku kasih masukan juga, klw pengen mtr mio kencang diameter klep lubangnya di besarkan yg klep masuk buang 2mm,yg klep buang 1mm, trus filter saringan copot, knalpot ori buang saringannya, trus stel stelan angin karbu 3stengah putaran, stel klep yg masuk di rapatkan yg buang di pincangkan sekita 0,5mm, trus roller ganti yg 9gram, pear cvt 1500, pasti lumayan, punya aku juga bisa ngalahin mtr vixion orsinil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mio sy klo di buat gass pol kdng" ada suara ledakan dri knalpot nya itu apanya mas??apa harus turun mesin?? Tolong di jawab mas

      Hapus
    2. bisa dari stelan angin pada karbu terlalu besar . atau dari knalpot longgar pada pipa yang ke head

      Hapus
  8. Mas bro yudha oprekanya untuk mio soul/apa? Trus biaya kseluruhan partnya berapa kira2, trmksh sblmnya mas bro....

    BalasHapus
  9. mtr gua mio 2006, per cvt 1000 rpm kawahara (90rb), kampas ganda punya beat karbu(130rb), rumah ganda ganti baru (asli yamaha)120rb, roller tdr 10 gr rata(70rb), v belt tdr(100rb), cdi brt(450rb), coil thunder (150rb)(pake punya yzf lebih good), busi iridium(45rb) laenya masih standar deller
    hasilnya lumayan lah buat ngagetin moge kaya vixion dll di lampu merah hehehe.. di jamin ga bakal ada yg brani ngejer :)kecuali cc di atas 150

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo vs mio drag sepupu sy gmn mas hihihi....bercanda mas

      Hapus
  10. Bang mau nanyak?? Mio saya masih standart nyel...cuma ganti oli doang hhhhh..waktu itu saya gas poll di atas kecepatan 80 kok berhenti tiba tiba di knalpot ada suara ledakan ya??apa itu bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. #yusuf busi minta ganti tu sama stel angin coba di atur lagi

      Hapus
  11. Makasih artikelnya sangat bagus dan membantu sekali
    obat bius

    BalasHapus
  12. Mau nanya mas, Mio gua pake karbu ninja yg cocok pake spuyer brapa ya?makasih

    BalasHapus
  13. Mau nanya mas, Mio gua pake karbu ninja yg cocok pake spuyer brapa ya?makasih

    BalasHapus
  14. Bang, kalo mio standart pake busi iridium, koil blue thunder tapi cdi standart gmna bang untuk di pakai harian?
    Mohon jawabannya bang

    BalasHapus
  15. Bos kan klo di motor Mio pake karbu satria fu kepanjangan tali gas trs harus pake tali gas apaan yaa bos ?motor ane mio

    BalasHapus
  16. Bang mio gua 2006 biar ada larinya gimna ya?buat harian aja?

    BalasHapus
  17. motor.....mio.ane ngempos... tarik gas gk mau naek.. brebet kaya abis bennsin。。 kira kira apanya ya?

    BalasHapus
  18. Kalau knalpot standar ad pengaruh gk gan??

    Tolong di jawab ✌

    BalasHapus
  19. Mio fino pke karbu fu enak gk ya

    BalasHapus
  20. Mio fino pke karbu fu enak gk ya

    BalasHapus
  21. Mio fino pke karbu fu enak gk ya

    BalasHapus
  22. Saya mau nanya kalo Mio mesin 54 diganti karbu pe28 ngangkat apa enggak bang?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus pake kartu pwk 28 lagi bang, jadi lariinya jugaa nyoss bg

      Hapus
  23. Yang jual karbu buat mio sporty, dipondok gede dimna yaa..??

    BalasHapus
  24. Kak kalau mio sporty gass nya tidak bisa naik cuman stack disitu terus kira kira apa nya yg rusak yah kak?mohon pencerahanya

    BalasHapus
  25. Info boreup harian dong 130cc buat diapake harian bukan balap

    BalasHapus
  26. Bos ak ganti karbu Fu di Mio.supaya bisa padat gmna cara nya

    BalasHapus
  27. Bos ak ganti karbu Fu di Mio.supaya bisa padat gmna cara nya

    BalasHapus